Rabu, 28 September 2016

TATA PERAYAAN EKARISTI PEMBERKATAN NIKAH KATOLIK (SEBUAH PANDUAN )



TATA  PERAYAAN  EKARISTI PEMBERKATAN  NIKAH KATOLIK




PEMBUKA
Kedua mempelai dan keluarga bersiap di depan Gereja. Imam menyambut kedua mempelai di depan pintu Gereja

KOMENTATOR
Bapak Ibu Saudara-saudara yang terkasih dalam Yesus Kristus, selamat datang di Gereja St. Fransiskus AsisiLamahora. Pada hari yang bahagia ini, kita berkumpul untuk menyaksikan dan mendoakan penegguhan cinta ............. DAN .................  Sebuah anuhgerah yang terindah  yang diberikan  Tuhan mulai pada saat Dia dan pada akhirnya menyatukan mereka dalam sebuah ikatan pernikahan Kudus. Semoga berkat dan cinta kasih Tuhan tercurah melalui doa-doa yang akan kita panjatkan bagi mereka berdua dalam pemberkatan pernikahan yang akan saling mereka terimakan pada hari ini, yang akan dipersembabhkan oleh Pastor ....................................
Marilah kita berdiri menyiapkan hati kita dan menyambut kedua mempelai yang berbahagia dan beserta keluarga.

UPACARA PENYAMBUTAN          : Umat berdiri

Imam    : Kedua mempelai dan saudara-saudara sekalian, dengan ini saya mengucapkan selamat datang. Semoga rahmat  Tuhan kita Yesus Kristus cinta kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus beserta kita.

Umat     : Sekarang dan selama-lamanya

Imam    : Semoga Tuhan menolong, melindungi dan memenuhi setiap keinginan hati kalian berdua, serta merestui segala rencana kalian
Penyerahan mempelai oleh keluarga
Wakil    :  Pastor yang terhormat, sebagai wakil dari keluarga Bapak ............. dan ........... dan keluarga  Bapak  ............. dan ................  perkenankanlah kami menyerahkan putra dan putri kami yaitu ................... dan ................ yang telah saling mengenal, saling mencitai dan  telah mempersiapkan  diri untuk menerima pemberkatan pernikahan. Kami mohon agar pernikahan mereka diberkati Tuhan dengan perantaraan Pastor dan disaksikan oleh para Saksi didukung oleh doa restu saudara-saudara dan umat yang hadir disini.  Semoga pastor berkenan untuk meresmikan dan meneguhkan pernikahan mereka menurut ajaran dan tata cara Gereja Katolik. Atas kesediaaan pastor, kami mengucapkan terima  kasih.
Imam    : Terima kasih kami ucapkan kepada bapak ibu yang telah mempercayakan putra-putrinya kepada Gereja supaya pernikahan mereka diberkati Tuhan.
Atas nama Gereja, dengan gembiara saya menerima kedua mempelai dan memenuhi permintaan keluarga untuk meresmikan pernikahan mereka menurut tata cara Gereja Katolik.  Marilah kita bersama-sama menghadap Allah, sumber segala cinta, untuk memohon berkatNya bagi kedua calon mempelai dengan hati bersih dan tulus. (Imam memerciki mempelai dengan air suci)
Imam    : Saya memerciki saudara dengan air suci ini seperti embun surgawi, semoga saudara diberkati oleh Tuhan, diterangi dengan sinar kasihNya, dilimpahi dengan RahmatNya dan disucikan dalam Roh Kudus, agar layak pantas menghadap Tuhan dalam pernikahan suci ini ( + )  dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus
Umat    : Amin
Imam    : Marilah kita bersama-sama masuk ke rumah Bapa, sumber segala cinta kasih, untuk memuji dan memohon berkat bagi ................ dan ..................
PERARAKAN  MASUK
Iringan maju kedepan Altar: misdinar, kedua mempelai, orang tua, keluarga dan pastor.
Lagu Perarakkan...............................instrumen Canon In D

TANDA SALIB DAN SALAM PEMBUKA : Umat berdiri

Imam    : Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus
Umat    : Amin
Imam    : Rahmat Tuhan Kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus beserta mu
Umat    : dan sertamu juga
Imam    : Saudara-saudari yang terkasih dalam Tuhan Yesus Kristus, pada hari yang berbahagia ini kita berkumpul untuk menjadi saksi peneguhan cinta dan kesetiaan kedua mempelai yang akan saling meneguhkan janji kesetiaan mereka di hadapan Allah dan kita semua. Maka marilah kita mohon kepada Allah, sumber kasih yang sejati, agar berkenan memberkati kedua calon mempelai. Dan dengan penuh rasa syukur atas segala anugerah yang telah kita terima dengan iman, harapan dan kasih
PERNYATAAN TOBAT     : umat berlutut
Imam    : Marilah kita hening sejenak untuk mempersiapkan hati, memeriksa batin, menyesali dan mengakui bahwa kita telah berdosa, memohon belas kasih dan pengampunan dari padaNya supaya layak dan pantas di hadapan Tuhan ( hening sejenak).
Imam    : Saya mengaku....
Umat     : kepada Allah...dst
Imam    : Semoga Allah yang Maha Kuasa mengasihi kita, mengampuni dosa kita, dan menghantar kita kehidupan yang kekal.
Umat     : Amin
Lagu       : Kyrie Eleison
DOA PEMBUKA:
Imam    : Marilah berdoa:
Allah Bapa yang maha Kuasa, sejak awal mula Engkau menciptakan manusia sesuai dengan citraMu, laki-laki dan perempuan dan memaduhkannya menjadi satu, dan Engkau memberkati mereka. Engkau pulalah yang menguduskan ikatan suami isteri dan mengangkat perjanjian nikah menjadi lambang persatuan Kristus dan Gereja. Engaku mengajarkan bahwa pernikahan telah Kau teguhkan tak boleh diceraikan oleh manusia. Hamba-hambamu ini percaya akan kesucian pernikahan. Semoga .......... dan .................. juga menghayatinya dalam kehidupan mereka.  Demi Kistus, PutraMu, Tuhan dan pengantara kami, kini dan sepanjang masa.
Umat     : Amin
LITURGI SABDA : Umat duduk
Lektor   : Pembacaan dari Kita Kejadian 2: 18-24
“ALLAH MENCIPTAKAN MANUSIA PRIA DAN WANITA”
                Tuhan Allah Bersabda, “ tidak baik kalau manusia itu sendiri saja. Baiklah Ku buat untuknya seorang pembantu yang serupa dengan dia. Tuhan Membentuk dari tanah semua makluk yang bernyawa diatas bumi, dan burung-burung di udara. Tuhan Allah menghantarnya kepada  adam, supaya adam melihat dan memberi nama kepada mereka, dan supaya nama yang diberikan Adam tetap  menjadi nama mereka. Tetapi Adam tidak menemukan seoarang pembantu yang serupa dengan dirinya. Lalu Tuhan membuat Adam tertidur, ketika Adam tertidur lelap, Tuhan mengambil satu dari rusuknya, dan mengisi tempat itu dengan daging. Lalu Tuhan membentuk rusuk yang telah diambilnya menjadi wanita. Wanita itu dihantarnya kepada adam, maka adampun berkata, “inilah tulang dari tulangku, daging dari dagingku. Dia akan disebut wanita karena diamnbil dari pria” karena itu pria akan meninggalkan ibu  bapanya dan mengikatkan diri pada istrinya. Dan kedua akan hidup bersatu pada jiwa dan raganya.
Demikianlah Sabda Tuhan
Umat     : Syukur kepada Allah
Lagu Antar Bacaan.................
BAIT PENGANTAR INJIL : Umat berdiri
Alleluya:.............................


BACAAN INJIL
Imam    : Tuhan sertamu
Umat     : Dan sertamu juga
Imam    : Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes 15: 9-16
Umat     : Terpujilah Kristus

“ PERINTAH SUPAYA SALING MENGASIHI “

Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikian juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasihKu itu. Jikalau kamu menuruti perintahku, kamu akan tinggal di dalam kasihKu, seperti Aku menuruti perintah BapaKu DAN TINGGAL DI DALAM KASIHNYA. SEMUANYA ITU Kukatakan kepadamu, supaya suka cita Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh. Inilah perintahku supaya
kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yan memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya. Kamu adalah sahabat-ku,jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang di perbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, skarena aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah kudengar dari Bapaku. Bukan kamu yang memilih aku, tetapi akulah yang memilih kamu. Dan aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan- Nya kepadamu.

Imam    : Berbahagialah orang yang mendengarkan Sabda Tuhan, dan tekun melaksanakannya.

Umat     : Sabda-Mu adalah Jalan, Kebenaran dan Hidup  kami...

Homili : Umat duduk.

UPACARA PEMBERKATAN PERNIKAHAN

MOHON DOA RESTU DARI ORANGTUA : Umat duduk

Imam    :
Allah pernah bersabda: ”sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan Ayah dan Ibunya untuk bersatu dengan istrinya,   sehingga keduanya menjadi satu daging. ”Anak-anakku  yang terkasih,sebagai tanda bukti dan terima kasih atas semua yang telah kalian terima selama ini, silahkan mempelai berdua memohon doa restu kepada orang tua kalian.
Kedua mempelai sujud mohon doa restu orang tua kedua pihak.

(Kalau bisa pada bagian ini diiringi lagu “Kasih Sayang” orang tua atau anak).



PERNYATAAN NIAT KEDUA CALON MEMPELAI

Imam    : Saudara-saudari yang terkasih dalam Kristus, kini tibalah saatnya bagi calon mempelai untuk meneguhkan janji pernikahan mereka di hadapan Allah, imam, keluarga dan umat beriman, Kristus memberkati dan meneguhkan kalian berdua agar kalian sanggup saling mencintai dengan setia dan menunaikan tanggung jawab sebagai suami istri. Untuk itu saya mengundang para saksi maju kedepan untuk mendampingi kedua mempelai.
Kedua orang saksi maju mendampingi mereka dan berdiri di samping kanan dan kiri mempelai.

Imam    : ............. dan ................ yang berbahagia, kedatangan kalian disini bermaksud untuk menerima Pemberkatan Pernikahan di hadapan Allah, imam, saksi, keluarga dan umat beriman. Yesus Kristus memberkati dan meneguhkan kalian berdua agar saling mencintai dengan setia dan saling menunaikan tanggung jawab sebagai suami istri. saya persilahkan anda berdua untuk, menyatakan keinginan anda.

J & O :   Pastor yang terhormat, kami berdua telah saling memilih sebagai teman hidup dan sepakat membina sebuah keluarga. Kami percaya, Tuhan telah mempertemukan kami berdua dan menganugerahkan hadiah cinta istimewa ini bagi kami. Maka sekarang kami mohon kesediaan Pastor untuk meresmikan hubungan kami ini sebagai suami-istri menurut tata cara Gereja Katolik.

Imam    : Sebelum pernikahan ini di resmikan,  perkenankan saya menanyakan kepada kedua saksi mengenai anda berdua. Para saksi yang terhormat, apakah saudara mengetahui adanya halangan bagi pernikahan ini menurut tata cara Gereja Katolik?

Saksi      : Sepengetahuan kami tidak ada halangan untuk meresmikan pernikahan ini. Oleh karena itu, kami para saksi, mendukung permohonan kedua mempelai.

Imam    : Terima kasih atas kesaksian saudara.

............. dan ............ yang berbahagia, mendengar keinginan dan hasrat kalian yang tulus, maka setelah mengadakan penyelidikan seperlunya, dikuatkan oleh pernyataan para saksi,saya selaku pejabat Gereja, meluluskan permintaan kalian berdua. Kini saya minta kalian bergantian menyatakan kesanggupan hati saudara dihadapan umat yang hadir disini.

PERNYATAAN KEDUA CALON MEMPELAI

Imam    : Saudara ......... J ......, adakah Saudara meresmikan  pernikahan ini sungguh dengan iklas hati?
J              : Ya sungguh dengan iklas hati.

Imam    : Bersediakah Saudara menjadi suami .........  O ........ sepanjang hidupmu?
J              :  Ya saya bersedia.

Imam    : Bersediakah Saudara mengasihi dan menghormati istrimu selama hidupmu?
J              : Ya, saya bersedia.

Imam    : Bersediakah Saudara menjadi bapak yang baik bagi anak-anak  yang di percayakan Tuhan kepada Saudara dan mendidik mereka menjadi orang katolik yang setia?
J              : Ya, saya bersedia.

Imam    : Saudari ....... O ....... adakah Saudari meresmikan pernikahan ini sungguh dengan ikhlas hati?
O             : Ya, sungguh dengan iklas hati.

Imam    : Bersediakah Saudari menjadi istri  .........  J  ......... sepanjang hidupmu.
O             : Ya, saya bersedia.

Imam    : Bersediakah Saudari mengasihi dan menghormati suamimu selama hidupmu?
O             : Ya, saya bersedia.

Imam    : Bersediakah Sudari menjadi ibu yang baik bagi anak-anak yang dipercayakan Tuhan kepada saudari dan mendidik mereka menjaadi orang katolik yang setia?
O             : Ya, saya bersdia.


PERJANJIAN NIKAH

Imam    : ...... J ...... dan ......... O ..........,  yang berbahagia, setelah mengadakan
penyelidikan dan dikuatkan  oleh pernyataan para saksi, saya selaku pejabat gereja meluluskan permohonan untuk meresmikan dan memberkati pernikahan kalian berdua. sekarang hendaklah kalian berdua saling menyatakan kesungguhan hati untuk melangsungkan pernikahan di hadapan Allah, Keluarga para saksi dan hadirin sekalian. saya persilakan calon mempelai berhadapan,berpegangan tangan dan bergantian mengucapkan janji nikah.


Janji Mempelai Pria      

Di hadapan Allah, imam, keluarga, para saksi dan saudara sekalian yang hadir disini , saya ..............  J ........... dengan tulus hati memilih dan menerima engkau ............ O ...........
Mulai saat ini menjadi istri saya dan saya berjanji untuk selalu mencintai, menghormati dan setia kepadamu dalam suka dan duka, dalam untung dan malang, di waktu sehat maupun sakit sepanjang hidup saya.
Saya berjanji untuk menjadi ayah yang baik bagi anak-anak yang di percayakan Tuhan kepada kami berdua dan selalu hidup rukun dalam kasih Tuhan. Demikian janji saya.

Janji Mempelai Wanita

Di hadapan Allah, Imam, keluarga para saksi dan saudara sekalian yang hadir di sini, saya ........ J ...... dengan tulus hati memilih dan menerima engkau ......... O ..........
Mulai saat ini menjadi suami saya dan saya berjanji untuk selalu mencintai, menghormati dan setia kepadamu dalam suka dan duka, dalam untung dan malang, diwaktu sehat maupun sakit, sepanjang hidup saya. Saya berjanji untuk menjadi ibu yang baik bagi anak- anak yang dipercayakan Tuhan kepada kami berdua dan selalu hidup rukun dalam kasih Tuhan. Demikian janji saya.

PENEGUHAN PERNIKAHAN : Umat duduk

Imam    : Atas nama Gereja Allah dan di hadapan para saksi dan hadirin sekalian, saya menegaskan bahwa pernikahan yang telah di resmikan ini adalah pernikahan Katolik yang sah. Semoga Pemberkatan Pernikahan ini menjadi sumber kekuatan,  kebahagian, dan keselamatan bagi saudara berdua dalam berkeluarga. Berkat rahmat Allah yang Maha kuasa.
Imam    :  Demi nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus
Umat     : Amin
Imam    : Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Oleh karena itu, apa yang telah di persatukan Allah......
Umat     :  Jangan diceraikan manusia.

PEMBERKATAN  CINCIN                :  Umat Duduk

Putra/ i altar mengambil tempat berisi cincin dan air suci dan menyerahkan kepada imam untuk di berkati dengan percikan air suci. Kedua mempelai berdiri berhadapan, sambil berlangsung bagian ini dapat diiringi instrumental.

Imam    : Ya Allah, sumber kesetiaan, engkau sendiri yang menguduskaan ikatan cinta kasih suami istri dan mengangkat hidup perkawinan menjadi lambang persatuan Kristus dan Gereja-mu. Berkatilah kedua cincin ini, supaya menjadi lambang cinta kasih dan kesetiaan .... J .... & .... O .... yang akan memakai cincin ini di jari mereka, untuk memelihara kesetiaan yang sempurna. Imam memerciki cincin yang sudah di letakkan diatas meja dengan air suci, kemudiaan diserahkan kepada mempelai.

Imam    : ....... J ...... kenakanlah cincin ini pada jari manis istrimu sebagai lambang cinta dan kesetiaanmu kepadanya.

J              : ......... O ........., terimalah cincin ini sebagai lambang cinta, kesetiaan, dan kasihku padamu. Dalam nama Bapa, dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

Imam    : .......... O ........., kenakanlah cincin ini pada jari manis suamimu sebagai lambang cinta dan kesetiaanmu kepadanya.
O             : ........ J ......., terrimalah cincin ini sebagai lambang cinta, kesetiaan, dan kasihku padamu. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin

Imam    : Suami- istri selalu saling melengkapi dan berganti peran dalam membangun keluarga. Hal ini dilakukan dengan simbol pertukaran tempat duduk. Setelah itu kalian dipersilahkan menghadap ke seluruh umat inilah pasangan suami istri ...... J .... &  ...... O .... yang sudah resmi sebagai suami istri dalam Gereja Katolik.

DOA UNTUK MEMPELAI

Imam : Saudara - saudari terkasih, marilah kita berdoa dengan rendah hati supaya Tuhan rela mencurahkan berkat dan rahmatnya atas kedua mempelai yang telah menikah dalam Kristus ini. Mereka sudah dipersatukan dalam perjanjian suci. Semoga mereka bersatu padu dalam cinta kasih.
( Imam berdoa degan merentangkan tangan atas kedua mempelai. Semua berdiam diri sambil berlutut )

Imam : Allah Engkau menciptakan segalah sesuatu dengan kekuatan kuasaMu. Engkau menciptakan manusia menurut citraMu. Engkau menciptakan pria dan wanita supaya mereka dipadukan menjadi satu. Engkau mengajarkan bahwa pernikahan yang telah Kau teguhkan tak boleh diceraikan. Pandanglah dengan rela, mempelai wanita ini : Katarina Ngo Roga, agar rahmat cinta dan damai, tinggal dalam hatinya. Semoga ia menjadi istri yang setia dan ibu yang baik seperti wanita- wanita Kudus, yang dipuji dalam kitab suci. Kami berdoa pula bagi mempelai pria ini: Vinsensius Pason Raring, semoga ia selalu berusaha menunaikan  tanggung jawabnya, baik terhadap istri dan anak-anaknya maupun terhadap masyarakat. Dan kini kami mohon kepadaMu, ya Tuhan, semoga kedua mempelai ini tetap berpegang pada iman dan perintah- perintahMu. Semoga mereka bersatu sebagai suami istri, terpandang karena prilaku hidup yang baik dan berjasa untuk sesama dalam lingkungan mereka. Kuatkanlah mereka dengan semangat injil, sehingga mereka dapat menjadi saksi Kristus bagi semua orang. Semoga mereka subur dan berketurunan, menjadi orang tua yang penuh kasih dan perhatian pada putra- putrinya. Semoga mereka mencapai usia lanjut dan akhirnya memasuki kehidupan bahagia dalam kerajaan surga. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.

Umat     : Amin
Imam    : Semoga Damai Tuhan kita Yesus Kristus selalu beserta kita.
Umat     : Sekarang dan selama- lamanya.

PENYERAHAN SALIB DAN KITAB SUCI     : Umat duduk

( Orang tua/wakil keluaarga maju kedepan untuk menyerahkan Salib, Kitab Suci dan Rosario kepada Imam untuk mohon berkat khusus. )

Imam    : Ya Tuhan, berkatilah Salib , Kitab Suci ini agar dapat di gunakan oleh keluarga baru ini sebagai sumber pengharapan penghiburan di waktu susah serta pembangkit semangat cinta kasih di waktu gersang. Demikianlah pula, berkatilah salib dan Rosario ini, agar selalu menjadi tanda kehadiran- Mu serta Bunda Maria di tengah keluarga ini, dan  memberikan dorongan untuk  selalu siap memberikan dorongan untuk selalu siap memberikan pengorbanan demi keselamatan dan kebahagiaan  keluarga.  Dalam nama Bapa dan Putera dan roh Kudus.
Imam menyerahkan Kitab Suci, salib dan rosario yang telah diberkati kepada putrera alatar untuk diberikan kepada ibu kedua mempelai untuk diserahkan kepada kedua mempelai.

Orang tua : Anak-anakku terkasih, terimalah kitab suci ini, Salib dan Rosario ini sebagai lambang cinta kasih dan pernyataan Allah dan Bunda Maria dalam keluargamu. Kami ingin mewariskan kepada  kalian, harta yang tak ternilai, untuk bekal kalian berdua dalam perjalanan hidup ini, yakni iman kristiani akan kasih Tuhan Yesus, Yang telah mengorbankan diri-Nya. Semoga iman akan salib Kristus memberikan harapan & penghiburan pada saat kesukaran melanda bahtera keluargamu. Semoga kekuatan firman-Nya membesarkan hati dan membangkitkan semangat cinta kasih sejati dikala hidup terrasa gersang. Dan semoga berkat Rosario yang Kudus ini, kalian berdua selalu dekat dengan Bunda Maria, Ibu kita dan Ibu setiap Keluarga Kristus.

J & O     : Terima kasih Mama dan Papa, semoga Kitab Suci,
 Salib dan Rosario ini akan selalu mengingatkan kami agar tetap setia akan ajaran kasih Kristus. Terima kasih atas cinta  dan bimbingan yang kami rasakan dan tak pernah akan kami lupakan. Semua amanat dan pesan Mama & Papa akan selalu kami ingat dan kami akan berusaha melaksanakan dengan sebaik-baiknya.

PENANDATANGANAN SURAT NIKAH : Umat duduk

Imam : Kedua mempelai yang berbahagia dan kedua saksi, Saya persilakan ke Altar untuk menandatangani dokumen pernikahan.
( Mempelai beserta saksi menuju Altar untuk menandatangani surat pernikahan. Setelah itu kedua mempelai bertukar posisi duduk.)

DOA UMAT : Umat berdiri

Imam : Saudara- saudari terkasih, hati kedua mempelai ini penuh dengan kebahagiaan. Marilah kita menyatukan diri pada kebahgiaan mereka dengan melambungkan doa kepada Bapa di surga agar apa yang kini mereka alami akan tetap berlanjut dan senantiasa menjadi corak dan warna dasar hidup perkawinan mereka.

Lektor   : Semoga mempelai berdua yang telah kau persatukan dalam ikatan cinta kasih yang kudus ini akan selalu mendasarkan
keluarga mereka atas iman, harapan dan kasih, sehingga selalu memancarkan kebahagiaan dan kedamaian. Kami mohon........
Umat     : Kabulkan doa kami ya Tuhan.

Lektor   : Ya Bapa, Limpahkanlah kasih dan rahmat serta berkat-Mu bagi keluarga baru ini. Bimbinglah mereka masing- masing agar menjadi pribadi yang sabar, rendah hati dan pennuh cinta agar dapat menciptakan keluarga Katolik yang harmonis. Kami mohon.......
Umat     : Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

Lektor   : Ya Bapa, Semoga Vinsen dan Ati diberkati oleh Allah dengan karunia berlimpah, sehingga dapat membesarkan anak-anak yang akan dianugerahkan Tuhan kepada mereka menjadi anak-anak yang dapat memuliakan nama-Mu. Kami mohon....
Umat     : Kabulkan doa kami ya Tuhan.

Lektor   : Ya bapa, berkatilah Vinsen dan Ati agar diberikan kesehatan dan umur panjang sehingga dapat menjalankan tugas mereka dalam keluarga dan masyarakat. Semoga Vinsen dan Ati selalu dapat membawa kebaikan yang mencerminkan cinta kasih-Mu. Kami mohon.......
Umat     : Kabulkan doa kami ya Tuhan

Lektor   : Ya bapa, semoga Engkau selalu menuntun Vinsen dan Ati dalam perjalanan hidup mereka bersama di kala senang maupun susah. Semoga apapun yang ada di depan mereka, baik pencobaan maupun penghiburan, dapat mereka hadapi bersama dan semakin menguatkan tali kasih antara mereka berdua. Kami mohon....
Umat     : Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

Lektor   : Semoga ..... J .....& ....... O .....  sungguh menghayati arti kebersamaan mereka sebagai suami dan istri yang saling setia, saling melengkapi dan saling menerima apa adanya, sehingga hidup perkawinan mereka menjadi karya- Mu  yang indah. Kami mohon....
Umat     : Kabulkan doa kami ya Tuhan.

J & O     : Bapa, kami berterimakasih atas  pemberian- Mu yang sangat berharga yaitu perkawinan kami ini. Kami menerimanya sebagai rencana- Mu bagi hidup kami, agar kami saling memberi dan menerima kekurangan yang ada dalam diri pasangan hidup kami. Kami mengharapkan masa depan yang bahagia, dimana cinta selalu menjadi jawaban hati sehingga kami selalu memandang dengan penuh kasih sayang, percaya dan sanggup membaharui kesetiaan hidup perkawinan kami terus menerus.
Pimpinlah rumah tangga kami dan jagalah hati kami dengan ucapan syukur sehingga kata- kata kami selalu dihiasi dengan kebaikan dan pikiran kami di penuhi sukacita.
Ya Bapa, buatlah rumah kami menjadi tempat beristirahat dan perlindungan   dalam kasih agar damai- Mu selalu menjadi tanda dalam rumah tangga kami. Kami mohon...
Umat     : Kkabulkanlah doa kami ya Tuhan.

Imam    : Ya Tuhan Allah kami peliharalah saudara-saudari ini dalam rahmat dan cinta-Mu seumur hiidup dan bimbinglah mereka dalam usaha membangun keluarga bahagia dan beriman.
Umat     : Amin.

PERSIAPAN PERSEMBAHAN : Umat duduk

( Petugas persembahan menyerahkan persembahan kepada imam melalui kedua mempelai.)

Lagu Persembahan

DOA PESEMBAHAN : Umat duduk

Imam    : Terpujilah engkau, ya Tuhan, Allah semesta alam, sebab dari kemurahan-MU, kami menerima roti yang kami siapkan ini. Inilah hasil dari bumi dan dari usaha manusia yang bagi kami akan menjadi roti kehidupan.
Umat     : Terpujilah Allah selama-lamnya.

Imam    : Berdoalah saudara- saudari, supaya persembahan ini berkenan kepada Allah Bapa yang Maha Kuasa.
Umat     : Semoga persembahan ini di terima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita, serta seluruh umat Allah yang Kudus.

Imam    : Ya Tuhan, kabulkan doa kami dan sudilah menerima persembahan yang kami haturkan di hari bahagia yang telah Engkau selenggarakan bagi ..... J ... & ..... O ...... Mereka telah kau persatukan dalam pernikahan suci, semoga karena perayaan ekaristi ini, mereka semakin mengasihi dan mencintai Engkau. Dengan perantaraan Kristus, Tuhan kami.
Umat     : Amin.

PREFASI DAN DOA SYUKUR AGUNG : Umat Berdiri

Imam    : Tuhan beserta kita.
Umat     : Sekarang dan selama-lamanya.
Imam    : Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan.
Umat     : Sudah kami arahkan.

Imam    : Marilah bersyukur kepada Tuhan Allah kita.
Umat     : Sudah layak dan sepantasnya.
Imam    : Sungguh layak dan sepantasnya, ya Tuhan, Bapa yang Kudus,  Allah yang kekal dan kuasa, bahwa dimanapun juga kami senantiasa bersyukur kepada-Mu. Sebab Engkau meneguhkan perjanjian nikah dengan ikatan cinta mesra yang menyenangkan dan dengan tali kesetiaan yang tak terputuskan.
Engkau menghendaki pernikahan murni  dan subur, agar keluarga semakin berkembang. Secara mengagumkan, Engkau mengatur dunia dengan kuasa- Mu dan membimbing gereja dengan rahmat-Mu, sehingga anak yang dilahirkan untuk memajukan dunia,  dilahirkan kembali untuk perkembangan gereja demi kristus, Tuhan dan pengantara kami.
Maka bersama para malaikat dan orang kudus, kami lagukan madah pujian kepada- Mu dan tak henti- hentinya bernyanyi...

Lagu Kudus : Sanctus

DOA SYUKUR AGUNG II : Umat Berlutut

Imam :  Sungguh kuduslah Engkau, ya Bapa, sumber segala kekudusan. Oleh sebab itu, pada hari rabu ini, kami menghadap Dikau sehati-sejiwa dengan jemaat-jemaat separoki dan sekeuskupan dalam kesatuaan dengan seluruh gereja. Dalam perayaan ini, kami mengenangkan bahwa Kristus bangkit dari alam maut. Engkau telah meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada- Nya nama yang mengatasi segala nama. Dalam nama dia, yang adalah Tuhan, kami mohon, kuduskanlah persembahan ini dengan daya Roh- Mu agar bagi kami menjadi Tubuh dan Darah Putera-Mu terkasih Tuhan kami, Yesus Kristus.
Ketika akan di serahkan untuk menanggung sengsara dengan rela, Yesus mengambil roti, mengucap syukur kepada- Mu.  Lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid –Nya seraya berkata.
TERIMALAH DAN MAKANLAH: INILAH TUBUH KU YANG DISERAHKAN BAGIMU.
Demikian pula,  sesudah perjamuan, Yesus mengambil piala. Sekali lagi ia mengucap syukur kepada- Mu, lalu memberikan piala itu kepada murid-murid-Nya seraya berkata.
TERIMALAH DAN MINUMLAH : INILAH PIALA DARAH KU, DARAH PERJANJIAN BARU DAN KEKAL YANG DI TUMPAHKAN BAGI MU DAN BAGI SEMUA ORANG DEMI PENGAMPUNAN DOSA. LAKUKANLAH INI UNTUK MENGENANGKAN DAKU.

Imam    :  Agungkanlah misteri iman kita
Umat     : Tuhan, Engkau sudah wafat
Tuhan,  sekarang Kau hidup
Engkau Sang Juru Selamat, Datanglah ya Yesus Tuhan.

Imam :  Sambil mengenangkan wafat dan kebangkitan Kristus, kami mempersembahkan kepada-Mu ya Bapa, Roti Kehidupan dan Piala Keselamatan. Kami bersyukur sebab kami Engkau anggap layak menghadap Engkau dan berbakti kepada- Mu. Kami mohon agar kami yang menerima Tubuh dan Darah Kristus, di himpun menjadi satu umat oleh Roh Kudus.
Bapa perhatikan gerejamu yang tersebar di seluruh bumi. Sempurnakanlah umatMu dalam cinta kasih, dalam persatuan dengan Paus kami; Fransiskus,  dan Uskup kami; Fransiskus Kopong Kung, serta para Imam, Diakon, dan semua pelayan sabdaMu. Ingatlah akan saudara- saudara kami, kaum beriman yang telah meninggal dengan harapan akan bangkit, dan akan semua orang yang telah berpulang dalam kerahimanMu. Terimalah mereka dalam cahaya wajahMu. Kasihanilah kami semua agar kami engkau terima dalam kebahagiaan abadi bersama Santa Perawan Maria, Perawan dan Bunda Allah, bersama para Rasul dan semua orang kudus dari masa ke masa yang hidupnya berkenan dihatiMu. Semoga kami pun Engkau perkenankan turut serta memuji dan memuliakan dikau, dengan perantaraan Kristus,   bersama Dia dan dalam Dia, bagiMu Allah Bapa yang Maha Kuasa segalah hormat dan kemuliaan sepanjang segalah masa.
Umat : Amin

BAPA KAMI DAN DOA DAMAI :  umat berdiri

Imam    :  Atas petujuk penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi maka marilah kita berdoa...
Lagu       : Bapa Kami,
Bapa kami yang ada disurga dimuliakanlah namamu datanglah kerajaanmu jadilah kehendakmu diatas bumi seperti didalam surga berilah kami rejeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami sepeti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami dan janganlah masukkan kami kedalam pencobaan tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat...... Amin.

SALAM DAMAI : Umat berdiri

ANAK DOMBA ALLAH : Umat berlutut
Lagu Anak Domba Allah : Agnus Dei

PERSIAPAN KOMUNI : Umat berlutut
Imam : Inilah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia.
Berbahagialah mereka yang diundang keperjamuaNya.
Umat :  Ya Tuhan, saya tidak pantas Tuhan datang pada saya, tetapi bersabdalah saja maka saya akan sembuh.

KOMUNI
Lagu Komuni

Doa sesudah Komuni :   Umat Berdiri
Imam : Marilah Berdoa :
                Bapa yang maha kasih, kami mengucap syukur kepadaMu, karena kami telah engkau sertakan dalam perjamuan suci ini dan lebih teristimewa, terimalah ucapan syukur dari Vino dan Ati yang telah engkau persatukan dalam ikatan pernikahan suci ini. Kiranya kasih yang Engkau karuniakan menjadi sumber inspirasi bagi mereka berdua untuk menempuh hidup baru. Tuntunlah mereka denan terang dan kebijaksanaanMu selalu, karena Kristus Tuhan dan pengantara kami yang hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa,
Umat : Amin.


RITUS PENUTUP

BERKAT MERIAH : Umat Berdiri
Imam    : Tuhan Sertamu,
Umat     : Dan sertaMu juga.

Imam    : Saudara- saudari, marilah kita memohon berkat Tuhan untuk keluarga yang baru ini dan untuk kita semua, para saksinya.
Semoga Tuhan memberkati dan melindungi saudara dalam suka dan duka hidup berkeluarga. Semoga Tuhan menyinari saudara dengan cahaya wajahNya, penuh rahmat dan kasih setia.
Umat     : Amin.

Imam    : Semoga kalian berdua diberkati dengan anugerah Yesus Kristus, dihibur oleh sahabat- sahabat dan bersaudara dengan semua orang.
Umat     : Amin

Imam    :Semoga Roh Tuhan melimpahi saudara dengan damai sejaterah didalam rumah tangga serta didalam pekerjaan,
Umat     : Amin

Imam    : Semoga kita sekalian diberkati oleh Allah yang Maha Kuasa, Bapa, dan putera, dan Roh Kudus
Umat     : Amin

Imam    : Saudara sekalian, dengan ini perayaaan Ekaristi penerimaan pemberkatan pernikahan sudah selesai, marilah kita beri kesaksian tentang kebaikan Tuhan dalam keluarga dan sesama Kami.
Umat     : Syukur kepada Allah.

Lagu Penutup

PENGHORMATAN KEPADA BUNDA MARIA
Umat duduk Kedua mempelai didampingi Pastor, orang Tua, dan Para Saksi, menuju patung Bunda Maria untuk berdoa dan mempersembakan bunga, diiringi lagu Ave Maria.

Lagu :    Ave Maria

Doa Kedua Mempelai Kepada Bunda Maria

J   &  O  :
Santa Maria Bunda Yesus dan Bunda Kami yang tercinta, hari ini adalah yang terindah bagi kami berdua. Kami telah berjanji setia satu dengan yang lain dan kami akan menempuh perjalanan hidup bersama sebagai suami istri. Terimakasih bundah, untuk segalah yang telah Kau berikan kepada kami berdua dan kami mohon restuMu agar cinta kasih kami tahan uji, dalam suka dan duka hidup perkawinan kami. Anugerahilah kami dengan kesetiaanMu, agar dalam keadaan apapun kami akan tetap bergandengan tangan menghadapi segala macam persoalan hidup. Tuntunlah kami berdua agar dapat menjadi orang tua yang baik dalam mengasuh anak- anak yang akan dipercayakan Tuhan kepada kami. Bunda yang penuh kasih, doakanlah kami selalu kepada PuteraMu, Tuhan kami Yesus Kristus yang tidak pernah menolakMu. Kami serakan hidup perkawinan kami ini hanya kedalam perlindunganMu, Amin.
Kemudian dilanjutkan bersama- sama dengan para romo, orang tua, dan para saksi. Salam Maria penuh rahmat Tuhan sertamu, terpujilah engkau diantara wanita, dan terpujilah engkau buat tubuhMu Yesus, Santa Maria Bunda Allah doakanlah kami yang berdosa ini, sekarang dan waktu kami mati,
Amin ( 3x ).
Kemuliaan kepada Bapa, Putera, dan Roh Kudus seperti pada permulaan, sekarang, selalu dan sepanjang segala Abad, Amin.
Terpujilah nama Yesus, Maria, dan Yosep, sekarang dan selama- lamanya. Amin

KATA SAMBUTAN DARI KELUARGA : Umat Duduk

UCAPAN SYUKUR & TERIMA KASIH

Puji dan syukur serta terimakasih, kami panjatkan kehadirat Tuhan Yesus Kristus, karena hari ini merupakan sejarah hidup kami, berpasrah diri, mengikat janji suci sehidup semati, sejiwa membangun keluarga Kristiani sejati. Dari dasar lubuk hati kami yarg terdalam, dan dengan segala kerendahan hati, kami haturkan terima kasih kepada : 
Pater ......................

Saksi Perkawinan :
..........................
Paduan Suara, Dirigen & Organis,
Putra/i Altar, Staf Sekretariat, Koster, Umat Paroki


Dan seluruh Panitia Pernikahan, segenap keluarga, sahabat, dan handaitaulan serta semua pihak yang telah berkenan memberikan perhatian, bantuan, dan doa restu, sejak persiapan sampai dengan pelaksanaan pemberkatan Pernikahan ini.

............................
&
..........................
Semoga Tuhan melimpahkan berkat dan rahmatNya kepada kita semua, Amin.

Kami yang berbahagia :
Kel. Lejab
Keluarga Atawolo


john &  ona
20  Oktober 1999
KasihNya Sempurnah di dalam Kita ( 1 yoh 4;12b


Tidak ada komentar:

Posting Komentar